Penyakit Asam Urat

Penyakit Asam Urat - Sebenarnya istilah yang umum dipake adalah "GOUT". Mungkin istilah ini merupakan terjemahan bahasa Inggris "urate" yang berasal dari kata uric atau urin yang berarti air seni.Istilah asam urat mungkin salah arti, karena tidak ada kaitannya dengan urat atau otot.


Penyakit Asam Urat

Hal ini sangat bekaitan dengan kaadaan orang-orang di jaman ini yang dituntut untuk super sibuk dalam pekerjaan. Tuntutan pekerjaan yang banyak menyita waktu dan harus bergerak cepat, menyebabkan seseorang tidak sempat untuk mengatur pola hidup dan pola makan yang baik.Penderita sakit asam urat atau penyakit asam urat semakin tahum semakin menunjukkan kenaikan yang cukup drastis.

Ditambah lagi banyak orang yang tidak menyadari kalau dia sudah terkena penyakit asam urat lantaran gejala asam urat memiliki kesamaan dengan gejala rematik atau penyakit rematik. Kesamaat gejala atau ciri dari rematik dan asam urat inilah yang membuat orang yang terkena asam urat akhirnya tidak melakukan antisipasi sebagaimana mestinya.

Diapun menganggap remeh gejala-gejala asam urat yang dia rasakan karena hanya dianggab gejala rematik biasa. Pengobatan atau Obat rematik pun berbeda dengan pengobatan penyakit asam urat. Lebih jauh lagi, penanganan penyakit asam urat berbeda dengan penanganan gejala rematik.

Pola makan yang serba cepat dan intant, menjadikan seseorang kurang memperhatikan asupan-asupan yang masuk ke dalam tubuhnya. Tidak disadari ternyata makanan yang dikonsumsi merukan sumber timbulnya penyakit termasuk penyakit asam urat.

Penyebab Asam

Zat ini masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang kita konsumsi yang berasal dari zat hidup.asam urat terbentuk menjadi kristal-kristal pada sendi yang disebabkan oleh metabolisme zat yang bernama purin. Jika jumlah zat purin di dalam tubuh berlebihan maka akan terbentuklah kristal yang terkumpul pada sekitar sendi sehingga menyebabkan rasa nyeri dan ngilu.

Oleh karena itu bagi anda yang merasakan gejala asam urat alangkah baiknya mulai sekarang memperhatikan asupan makanan anda. Beberapa makanan yang dapat meyebabkan banyaknya kandungan purin di dalam tubuh diantaranya adalah alkohol, ikan, telur, dan jeroan.

Tips Mencegah Asam Urat

Berikut tips-tips yang wajib anda baca untuk mencegah datangnya kembali penyakit asam urat anda:
Menghindari makanan yang dapat membuat kadar zat purin dalam tubuh anda meningkat seperti yang telah kita bahas diatas.

  1. Minum air putih yang cukup, dengan meminum air putih, zat purin dalam tubuh akan mampu dibuang secara maksimal oleh tubuh. Minumlah sekitar 8 gelas air putih dan ini tidak termasuk minuman ringan.
  2. Berat badan ideal, orang yang terlalu gemuk dapat lebih mudah terkena asam urat karena memang dalam tubuhnya sudah bertumpuk lemak yang dapat memancing timbulnya asam urat lebih mudah.
  3. Konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang dan pisang.
  4. Konsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk.
  5. Hindari konsumsi karbohidrat sederhana seperti nasi putih, tapi konsumsilah karbohidrat kompleks seperti nasi merah, kentang dan ketela.
  6. Hindari makanan dan minuman beralkohol.
  7. Jangan sampai terlalu lelah ketika bekerja karena dapat membuat asam urat anda kambuh.
  8. Olahraga, ini anda perlukan agar persendian dapat lebih mudah dan nyaman bergerak setelah anda tekena asam urat


Bermasalah Dengan Cinta?,Temukan Rahasianya Disini
Disclaimer: Konten yang kami muat sepenuhnya di ambil dari internet, Kami tidak memegang hak cipta dari kontent yang kami muat, Apabila anda merasa keberatan dan dirugikan dengan kontent yang kami muat, Maka segera hubungi Kami dan akan kami tindak lanjuti secepatnya.

0 komentar:

 
 
Copyright © 2012 Exitren - All Rights Reserved - Powered By Blogger - Support By Google