a) Vlakocitasnya tetap, sewaktu pada kondisi udara yang dingin ataupun mesin yang sangat panas sekalipun.
b) Mengandung deterjen yang mampu melarutkan kotoran-kotoran.
c) Tidak terdapat zat yang dapat merusak mesin.
Pada mesin-mesin sepeda motor, untuk melumasi mesinnya biasanya digunakan oli SAE 30. Kapasitas kekentalan minyak pelumas yang dijual dipasaran, ditentukan oleh nilai SAE-nya. Oli yang kental ditunjkan pada angka SAE-nya yang tinggi.
FUNGSI UTAMA PELUMASAN PADA MESIN ANTARA LAIN
a) Mencegah gesekan secara langsung dua buah alat yang saling berputar ataupun saling berhubungan
b) Sebagai pendingin
c) Meredam suara pada alat-alat yang saling bergesekan
d) Memperpanjang umur alat yang saling berhubungan
e) Merapatkan hubungan kontak-kontak alat yang saling berhubungan
METODE PERAWATAN MESIN PADA SISTIM PELUMAS
Untuk agar mesin memiliki kemampuan yang tinggi, serta untuk menjaga umur dari sebuah mesin, sistim penggantian minyak pelumas secara berkala harus dijaga baik-baik.
1. Untuk mesin yang masih baru atau percobaan (Runing in) gantilah minyak pelumas setiap 500 Km.
2. Untuk mesin yang sudah lama, gantilah minyak pelumas setiap kendaraan sudah dioprasikan 1500-2500 Km.
SISTIM PELUMAS MOTOR 4 TAKK
1. Sistim Recik
2. Sistim pompa oli roda gigi ataupun sistim pluyer
SISTIM PELUMAS PADA MOTOR 2 TAK
1. Pelumasan pada bak vresneling dan pesawat kopling
2. Pelumasan pada motornya.
Sistem Pelumasan Dibedakan Dalam 2 Cara,Yaitu :
a) Sistim oli langsung dicampur dengan bensin.
b) Menggunakan pompa oli, yang bertugas memompa oli untuk dihamburkan kejurusan ruang carter, sehingga bercampur dengan bahan bakar gas.
Disclaimer: Konten yang kami muat sepenuhnya di ambil dari internet, Kami tidak memegang hak cipta dari kontent yang kami muat, Apabila anda merasa keberatan dan dirugikan dengan kontent yang kami muat, Maka segera hubungi Kami dan akan kami tindak lanjuti secepatnya.
0 komentar: