Prinsip Kerja Mesin Sepeda Motor

Prinsip Kerja Mesin Sepeda Motor - Mesin yang terpasang pada sepeda motor dibedakan menjadi dua ,4 tak dan 2 tak. Yang dimaksud dengan Prinsip Kerja Mesin Sepeda Motor 4 tak ialah : daya usaha kerja yang dihasilkan oleh mesin tersebut diperoleh selama 4 ( empat ) kali siklus langkah pistonnya, atau usaha kerja yang dihasilkan mesin tersebut terjadi di dalam 2 kali putaran sumbu engkolnya sejauh 720.

Prinsip Kerja Mesin Sepeda Motor Prinsip kerja mesin diesel,prinsip kerja mesin pendingin,prinsip kerja mesin bubut,prinsip kerja mesin frais,prinsip kerja mesin cuci,prinsip kerja mesin sekrap,prinsip kerja mesin 4 tak,prinsip kerja mesin,prinsip kerja mesin bensin,prinsip kerja mesin sinkron.


Sedangkan yang dimaksud dengan Prinsip Kerja Mesin Sepeda Motor 2 tak ialah : di dalam 2 kali langkah piston mesin tersebut mampu menghasilkan 1 kali usaha kerja. atau daya usaha kerja yang dihasilkan oleh mesin 2 tak.diperoleh dari 1 kali putaran sumbu engkolnya sejauh 360.

Dari keterangan dan gambar diatas secara garis besarnya dapat ditarik kesimpulan bahwa :
Pemasukan dan pengeluaran gas dilakukan lewat lubang port, yang ada pada dinding cylindernya. lubang port buang, tingginya dibuat sekitar 20% dari langkah piston. sedangkan lubang port bawah digunakan sebagai lubang pemasukan, tingginya sekitar 10%.
pada motor 2 tak, sesuai dengan konstruksinya terjadi suatu siklus mengeluarkan gas-gas bekas sisa hasil pembakaran, untuk digantikan oleh gas yang masih baru.
untuk lebih jelasnya perhatikan keterangan serta gambar prinsip kerja motor 2 tak berikut ini:

TAK KE 1 : LANGKAH PENGISAPAN DAN LANGKAH COMPRESI

piston bergerak dari TMB ke TMA. Asumsikan bahwa diatas piston telah penuh dengan gas, hasil pengisian dari ruang carter. sumbu krug as mulai bergerak dari 0º ke 180º.
Pada saat piston bergerak dari bawah keatas, dibawah piston pintu yang berhubungan dengan karburator terbuka. Dengan sendirinya gas baru akan masuk lewat bawah piston, untuk selanjutnya masuk keruang caner.
Sedangkan yang terjadi diatas piston, bahan baker yang sudah ada di dalam cylinder, didesak oleh piston masuk ke dalam ruang bakar.
Pada saat tekanan gas mencapai kurang lebih 5 Kg/cm², kurang lebih 10º sampai dengan 5º sebelum piston mencapai titik TMA, secepatnya busi diletikan, sehingga gas terbakar.

Prinsip Kerja Mesin Sepeda Motor

TAK KE 2 : LANGKAH KERJA DAN LANGKAH PEMBUANGAN

Pembakaran gas yang ada diruang baker mengakibatkan terjadinnya ledakan. Yang selanjutnya terjadi adalah piston didorong sekuat tenaga kebawah, sehingga mengakibatkan piston bergerak dari TMA ke TMB dan sumbu engkol berputar dari 180º ke 160º, pada langkah ini diatas piston terjadi langkah pembuangan, dan pemasukan gas ke cylinder dari ruang pembilasan,dibawah piston terjadi penutupan lubang masuk dan terjadi compresi carter.

Bermasalah Dengan Cinta?,Temukan Rahasianya Disini
Disclaimer: Konten yang kami muat sepenuhnya di ambil dari internet, Kami tidak memegang hak cipta dari kontent yang kami muat, Apabila anda merasa keberatan dan dirugikan dengan kontent yang kami muat, Maka segera hubungi Kami dan akan kami tindak lanjuti secepatnya.

10 komentar:

percetakan jakarta said...

keren

Industrial Maintenance said...

bagus

cleaning services said...

mantap

Armstrong said...

salam kenal

motivator indonesia said...

semoga bermanfaat

jantung koroner said...

tips yang bagus

belajar forex said...

mantaf gan

saraf kejepit said...

artikel yang bagus

Jasa SEO said...

semoga berhasil

alat berat said...

terima kasih atas infonya

 
 
Copyright © 2012 Exitren - All Rights Reserved - Powered By Blogger - Support By Google