Sistem Pengisian Baterai

Sistem Pengisian Baterai - Karena banyaknya alat-alat pada motor menggunkan kebutuhan arus listrik, maka untuk menjaga agar arus listrik yang ada pada sumber listrik tidak habis pada sepeda motor dilengkapi dengan system pengisian batery. Pada motor-motor system magnet yang tidak menggunakan arus battery, penggunaannya banyak alat yang memerlukan arus listrik yang besar sewaktu motor berputar lambat, akan mempengaruhi kerja motor tersebut.

System Pengisian Batery


ALAT-ALAT YANG ADA PADA SISTIM PENGISIAN :
1. Batery sebagai penyimpan arus listrik.
2. Alternator/ generator, alat yang memproduksi listrik.
3. Regulator alat yang mampu mengatur agar tegangan yang dihasilkan akan selalu constan pada putaran cepat atau lambat.
4. Kiprok/ Retifier yang bertgas untuk menyearahkan arus listrik hasil produksi generator/ alternator, untuk disimpan ke dalam accu.
5. Kunci kontak sebagai penghubung ataupun pemutus hubungan accu dengan alternator, untuk mencegah adanya arus balik sewaktu kendaraan tidak digunakan.
PRINSIP KERJA ALAT-ALAT PADA SISTEM PENGAPIAN :
A. GENERATOR
Alat ini bertugas untuk suplai arus listrik kea lat-alat yang membutuhkan. Generator bekerja dengan cara mengubah energy mechanis menjadi energy listrik. Kerja generator atas dasar prinsip indksi elektronik, arus listrik yang dihasilkan melalui kawat, adalah hasil pemotongan garis-garis gaya magnet.
B. ALTERNATOR
Prinsip kerja alat ini hampir sama dengan generator. Kelebihan alternator bila dibandingkan dengan generator terletak pada :
• Kumparan Rotor/Stator hanya sedikit.
• Kemampuan produksi arus listriknya lebih baik.
• Regulatornya cukup sederhana.
C. REGULATOR
• Mencegah arus balik dari battery
• Mengontrol tegangan listrik yang dihasilkan. Pada saat putaran lambat alat cepat.
D. REGTIFIER
Penyearah arus listrik sistim alternator.
E. KIPROK TUNGGAL
Penyearah arus listrik sistem generator magnet ke accu.
F. KIPROK GANDA
Penyearah arus listrik pada sistim generator, dan langsung membagi sebagian ke accu(aki) dan sebagian ke alat yang langsung membutuhkannya.


Bermasalah Dengan Cinta?,Temukan Rahasianya Disini
Disclaimer: Konten yang kami muat sepenuhnya di ambil dari internet, Kami tidak memegang hak cipta dari kontent yang kami muat, Apabila anda merasa keberatan dan dirugikan dengan kontent yang kami muat, Maka segera hubungi Kami dan akan kami tindak lanjuti secepatnya.

0 komentar:

 
 
Copyright © 2012 Exitren - All Rights Reserved - Powered By Blogger - Support By Google