Sistem Pengapian Mesin

Sistem Pengapian Mesin - Timbulnya tenaga pada sebuah mesin adalah adanya bahan bakar gas yang bertekanan tinggi yang di bakar oleh bunga api istrik yang di hasilkan oleh busi.

Sebelumnya juga sudah di jelaskan bahwa rumus hidupnya sebuah motor adalah :
1. Adanya gas yang bertekanan tinggi di dalam cylinder
2. Harus ada listrik yang bertekanan tinggi yang bisa menghasilkan bunga api yang baik
3. Saat pembakaran gas harus tepat yaitu sekitar 5-20ms sebelum piston mecapai TMA akhir compresi.
Kali ini dalam artikel Sistem Pengapian Mesin Motor Jadul akan membahas bagaimana cara kerja alat-alat yang akan mampu memproduksi listrik bertegangan tinggi,serta bagaimana cara melakukan penyetelan sehingga alat-alat yang ada dapat membakar gas dengan tepat.

FUNGSI ALAT-ALAT PASA SISTEM PENGAPIAN :

1. BATERY DAN GENERATOR
Bertugas menyimpan arus listrik Ac ataupun DC yang nantinya akan di rubah oleh coil menjadi sekitar 10.000 volt,untuk membakar gas dalam cylinder
2. PLATINA
Berfungsi sebagai kontak pemutus dan penghubung arus primer dari coil ke massa.Fungsi platina yang lain adalah mengubah-ubah medan magnet yang ada pada coil sehingga terjadi induksi agar coil mampu memproduksi arus listrik bertegangan tinggi
3. CONDENSATOR
Bertugas mencegah terjadinya loncatan bunga api untuk sementara,sewaktu platina dalam keadaan terbuka,sehingga arus primer coil tidak mengakibatkan platina rusak atau berlubang.
4. COIL
Sebuah alat yang befungsi untuk bekerjasama dengan platina dan condensator,merubah tegangan arus listrik dari batery atau generator yang memiliki kapsitas 6-12 volt menjadi 10.000 volt bahkan sampai 20.000 volt.Pada SPM ada 2 jenis coil,yaitu coil AC dan DC
5. BUSI
sebuah alat yang bertugas untuk meletikan bunga api listrik bertegangan tinggi hasil produksi coil di dalam cylinder motor.
6. KUNCI KONTAK
bertugas mengatur penggunaan arus listrik ke setiap alatyang membutuhkan sesuai dengan kebutuhan.
7. CDI UNIT
sebuah unit penyala yang menggunakan komponen translator dan unit amplifler.Pada penyalah sistem CDI selalu terpasangunit pembangkit pulseryang di gunakan untuk menjaga tegangan yang di hasilkan sesuai spesifikasinya.Sistem penylaan CDI tanpa platina,seperti halnya konvensional.pada sistem ini tidaj perlu melakukan penytelan saat pengapian karna sudah di setting dari pabriknya.

Sistem pengapian,sistem pengapian mobil,sistem pengapian sepeda motor,sistem pengapian pada mobil,sistem pengapian motor,sistem pengapian cdi,sistem pengapian dc,sistem pengapian konvensional,sistem pengapian platina,sistem pengapian baterai.

GENERATOR PENGAPIAN BATERY DAN MAGNET


Gambar Generator Penyala Batery :

Sistem Pengapian Mesin

Gambar Generator Magnet

Sistem Pengapian Mesin



Bermasalah Dengan Cinta?,Temukan Rahasianya Disini
Disclaimer: Konten yang kami muat sepenuhnya di ambil dari internet, Kami tidak memegang hak cipta dari kontent yang kami muat, Apabila anda merasa keberatan dan dirugikan dengan kontent yang kami muat, Maka segera hubungi Kami dan akan kami tindak lanjuti secepatnya.

0 komentar:

 
 
Copyright © 2012 Exitren - All Rights Reserved - Powered By Blogger - Support By Google