Pesawat Katup Motor

Pesawat Katup Motor - Tugas utama pada pesawat katub motor 4 Tak sebagai pintu masuk bahan bakar gas hasil produksi kerburatir kedalam mesin. Sedangkan katub EX berfungsi sebagai jalan keluar gas hasil pembakaran dari cylinder.

Untuk motor jenis HONDA saat pembukaan katub IN sekitar 10° sebelum piston mencapai TMA pada awal penghisapan, dan penutupan sepenuhnya berkisar 48° setelah piston mulai akan melakukan langkah compresi. Sedangkan untuk katub EX, pembukaan sudah dimulai pada 48° awal langkah buang sampai menutup rapat sekitar 10° setelah TMA, dimana piston mulai melakukan langkah penghisapan.

Apabila kita perhatikan, sudut pembukaan dan sudut penutupan katub dibuat sangat panjang. Hal tersebut dengan tujuan pada saat penghisapan agar bahan bakar yang masuk ke silinder sebanyak-banyaknya. Pada saat sisi lain, dimaksud agar gas bekas yang sudah terbakar dapat betul-betul tuntas keluar dari dalam cylinder, sehingga tidak menganggu proses pembakaran selanjutnya,untuk lebih jelasnya mari kita lihat gambar berikut.

DIAGRAM KATUB JENIS 4TAK

Pesawat Katup Motor


KONSTRUKSI KATUB DIBEDAKAN ATAS 2 BENTUK :
1. Katup di kepala.
2. Katup di samping.
HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN PADA PESAWAT KATUB :
1. Periksa kerak carbon dan keadaan muka katub.
2. Ukurlah celah bebas anatr batang katub dengan jalan katub.
3. Periksalah ver katub untuk daya pengeperannya.
4. Sewaktu pemasangan antar kutub IN dan EX jangan salah.
5. Bila katub bocor adakan penyekuran.
6. Apanila katub diganti, ganti pula sple katub.
PEDOMAN PENYETELAN KATUB :
Besar kecilnya tenaga motor dipengaruhi oleh saat pembukaan dan penutupan pesawat katub. Oleh karena itu secara berkala pesawat katub harus selalu diperiksa untuk distel ulang. Yang dimaksud dengan stel katub ialah, mengukur jarak kereganggan antara timlar dan ujung batang ktub. Kerenganggan harus ada sewaktu Rocker Arm sedang bebas tidak tertekan tonjolan pada Noken As.

CARA MENYETEL CELAH KATUB :
1. Bukalah katub IN atas dan tutup katub EX bawah
2. Buka pula businya
3. Siapakan voeler, drei min, dan kunci ring
4. Dengan memutar baut pada rotornya, posisikan piston pada titik TMA untuk mancari langkah akhir compresi
5. Pada saat rotor diputar dengan ibu jari tututplah lubang busi
6. Untuk mencari TMA langkah akhir compresi, tanda pada rotor tepatkan pada TPnya, dan udara menghembus keluar busi
7. Masukanlah voeler 0,05 diantara timlar dengan batang katub
8. Stel celahnya dengan mengendorkan aut penyetel dan mur penguncinya
9. Penyetelan yang tepat, saat voeler ditarik agar serat, pastikan pula bahwa waktu voeler masuk tidak terlalu longgar
10. Pastikan bahwa celah katub IN dan EX sudah betul-betul tepat.
PERHATIAN :
penyetalan katup boleh dilakukan jika noken AS berada pada posisi netral,yaitu bila mana noken AS sedikit mempunyai ruang gerak.
Terimakasih karna anda telah membaca artikel Pesawat Katup Motor semoga apa yang kami tuliskan bisa manfaat untuk anda.


Bermasalah Dengan Cinta?,Temukan Rahasianya Disini
Disclaimer: Konten yang kami muat sepenuhnya di ambil dari internet, Kami tidak memegang hak cipta dari kontent yang kami muat, Apabila anda merasa keberatan dan dirugikan dengan kontent yang kami muat, Maka segera hubungi Kami dan akan kami tindak lanjuti secepatnya.

0 komentar:

 
 
Copyright © 2012 Exitren - All Rights Reserved - Powered By Blogger - Support By Google