Kruk As Dan Perlengkapannya

Kruk As Dan Perlengkapannya - krug AS atau yang di sebut bandul dan masih banyak lagi istilahnya,Kruk As Dan Perlengkapannya merupakan rangkaian komponen penghasil tenaga sepeda motor,maka dari itu kami anjurkan anda berhati-hati dalam perakitanya.

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SEWAKTU MERAKIT :
1. Ukurlah celah radial kepala besar stang pada titik simetris seperti contoh : Batas service : 0.05 mm
2. Ukur celah sisi kepala besar stang piston denagn voeler seperti contoh batas service 0.6 mm
3. Periksa DD kepala kecil stang piston : Standar 13,013 – 13.043 dan batas service : 13,10
4. Periksalah keolengan poros engkol : batas service : 0,1
5. Periksa hubungan pen dengan bantalannya : Rumus = 0.13 + 10-4 D
6. Periksa ring piston pada alur piston : Rumus : 0,25 + D/ 500 mm
7. Periksa celah gap ring piston sewaktu berada di dalam cylinder : Rumus 2 D/ 100 mm.
Kruk As Dan Perlengkapannya
Kruk As Dan Perlengkapannya


HUBUNGAN KRUk AS DENGAN NOKEN AS :

Pada motor 4 Tak agar katub dapat membuka dan menutup digerakkan oleh Noken As. Berputarnya Noken As digerakkan secara langsung ataupun tidak langsung oleh Krug Asnya.
Selamanya untuk motor 4 Tak apabila krug as berputar 1 x 360° maka Noken As berputar ½ x 360°. Sehingga untuk menyesuaikan kerja ini, roda gigi Krug As jumlahnya ½ x jumlah gigi pada Noken As-nya. Pada umumnya kerja Krug As dan Noken As dibedakan menjadi 2 bentuk hubungan :
1. Hubungan secara langsung antara gigi dengan gigi.
2. Hubungan secara tidak langsung (menggunakan rantai).
Hidup dan tidaknya mesin sangat bergantung tepat atau tidaknya hubungan antara Krug As dengan Noken As.
Untuk itu sewaktu melakukan penyetelan kedua alat tersebut pelu suatu keahlian secara khusus. Untuk itu perhatikan rumus pemasangan rantai sporkit seperti dibawah ini :

1. Putar rotor sehingga piston berada pada posisi TMA, atau tepatan tanda garis T padda rotor dengan tanda O pada penyesuaian (gif)
2. Putar baut cham sporkit sehingga katub IN pada posisi akan awal kerja atau tanda titiknya tepat pada tanda penyesuaian.
3. Pasang rantai penghubung kedua gigi tersebut, pada saat tanda pada kedua gigi tepat pada tanda TP nya.


GANGGUAN-GANGGUAN YANG SERING TERJADI PADA PERLENGKAPAN INI :
1. Hubungan gigi atau rantai slip, sehingga motor sulit atau sama sekali tidak dapat hidup.
2. Rantai sudah mulur sehingga menimbulkan bunyi.
3. Gigi timing maupun gigi sporkit aus, sehingga timbul bunyi.
4. Stelan kekencangan timing tidak tepat sehingga akan menimbulkan bunyi.

CONTOH DIAGARAM PULUMASAN MESIN 4 TAK :

Kruk As Dan Perlengkapannya

MASALAH YANG SERING TERJADI :

1. Minyak pelumas boros :
a. Stelan katub rusak, atau batang katub longgar dengan umahya.
b. Oli ikut terbakar, karena kerusakan ring piston,atau dikarenakan piston sudah longgar pada cylindernya.
2. Minyak pelumas cepat encer :
a. Bensin masuk ke dalam bak carter.
b. Stelan karburator kurang tepat.
c. Sistim pengaliran udara terhambat.
d. Ring piston rusak atau patah.
e. Piston sudah longgar pada pistonnya.
f. Cylinder cacat atau aus.


Bermasalah Dengan Cinta?,Temukan Rahasianya Disini
Disclaimer: Konten yang kami muat sepenuhnya di ambil dari internet, Kami tidak memegang hak cipta dari kontent yang kami muat, Apabila anda merasa keberatan dan dirugikan dengan kontent yang kami muat, Maka segera hubungi Kami dan akan kami tindak lanjuti secepatnya.

0 komentar:

 
 
Copyright © 2012 Exitren - All Rights Reserved - Powered By Blogger - Support By Google